-->
selamat datang di blog tutoriurl online, dapatkan tutorial tentang teknologi, informasi tentang kesehatan dan artikel yang sangat bermanfaat

Kenapa Nganjuk disebut Kota Angin?

Apa yang anda pikirkan dan benak pertama kali ketika mendengar Kata kabupaten Nganjuk?
Yah kota Angin. Nganjuk adalah kota Angin. Entah siapa yang pertama kali mencetuskan julukan Nganjuk kota Angin , tapi saat ini Di Indonesia ataupun di jawatimur pada khususnya Nganjuk sudah lama terkenal sebagai kota Angin.

Kenapa kabupaten Nganjuk disebut Kota Angin? 



Sebagai warga Nganjuk kota seribu air terjun, saya memang merasakan perbedaan ketika saya sedang berada dirumah dengan ketika saya sedang berada di kota orang.

Jika musim angin tiba, Anda bisa merasakan sensasi seperti didorong orang tetapi yang mendorong tersebut tidak wujud. Nah itulah angin di kota Nganjuk sedang menyapa Anda. Atau dengan cara lain Anda bersepeda di sekitaran jalan di area kabupaten Nganjuk, Anda akan merasakan betapa kencang angin di kota ini. Tapi jangan salah, gak selalu Nganjuk itu penuh dengan angin, ada masanya Nganjuk pernah panas dan juga sangat kering tetapi gak begitu lama. Yang lama ya !? Anginnya .

Oke secara ilmiahnya kenapa di Nganjuk banyak angin nya??

Kita lihat dulu letak  kabupaten Nganjuk. : 

* Sebelah Utara berbatasan langsung dengan  Kabupaten Bojonegoro
* Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Jombang
* Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo
* Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Madiun

Luas Kabupaten Nganjuk adalah sekitar ± 122.433 Km2 atau 122.433 Ha.


Source : Google maps


Kabupaten Nganjuk di apit oleh dua gunung yaitu Gunung Wilis dan Pegunungan Kendeng . hal ini lah yang menjadi  penyebab daerah kabupaten Nganjuk memiliki hembusan angin yang kencang. Karena angin biasanya menyapu daerah yang kosong. Selain itu Nganjuk juga termasuk dataran rendah membuat angin yang datang semakin kencang. bisa Anda bayangkan sendiri kan bagaimana jika ada kipas angin lalu didepannya Anda menghadang dengan 2 lembar kertas kardus yang terjadi ditengahnya adalah . Wusshhh. .kalo kata orang Jawa angine mulek..

Nah itulah tadi asal muasal kenapa kabupaten Nganjuk disebut kota Angin. Karena anginnya yang sangat besar. Nah belum jelas juga siapa yang pertama kali mencetuskan julukan ini. Yang pasti bukan saya.


0 Response to "Kenapa Nganjuk disebut Kota Angin?"

Posting Komentar

TULIS EMAIL KALIAN DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel