-->
selamat datang di blog tutoriurl online, dapatkan tutorial tentang teknologi, informasi tentang kesehatan dan artikel yang sangat bermanfaat

Yang harus dilakukan ketika kartu ATM tidak bisa keluar dari mesin ATM , Ataupun tertelan .

Kartu ATM tiba - tiba masuk ke mesin ATM dan tidak keluar, tenang saja banyak orang yang sering mengalami ini. Kenapa? Biasanya ini disebabkan oleh beberapa hal dari yang mesin tersebut terjadi error ataupun kelalaian dari pengguna kartu tersebut.



Sebelum lebih jauh lagi, kalian harus mengetahui alasan kenapa ATM kalian tertelan di mesin.


Alasan ATM tertelan di mesin, Kenapa?


 ATM atau Automatic Teller Machine adalah sebuah kartu yang digunakan an untuk memudahkan dan membantu urusan yang berhubungan dengan perbankan. sampai hari ini banyak bank yang menyediakan layanan ini, bahkan hampir semua bank. Layanan mesin ATM pun sekarang banyak tersebar bahkan di pelosok - pelosok desa sekalipun.

ATM kini adalah hal yang sangat digemari oleh kalangan nasabah, kenapa? Karena dengan adanya Atm kini nasabah pun dipermudah dalam segala transaksi keuangan . Kita sudah tidak perlu antri lagi di depan teller berlama - lama. Bahkan waktu yang digunakan saat ini terbilang saat mudah dan cepat.

Namun yang harus kalian pahami bahwa sebuah mesin pasti suatu saat akan mengalami eror. Dan hal ini adalah hal yang lumrah bagi semua mesin yang ada di dunia ini. Dan yang paling penting adalah kesalahan pengguna . Hal ini juga sangat mempengaruhi kartu ATM kalian bisa tertelan , berikut ini adalah penjelasan lebih spesifik kenapa ATM kalian bisa tertelan yaitu

1. Mesin yang kalian gunakan eror ataupun sedang rusak


Namanya juga mesin buatan manusia pasti ada kalanya mesin terjadi eror penyebab mesin eror antara lain satelit sedang mengalami gangguan. Nah biasanya ketika kita sedang menggunakan mesin yang sedang rusak secara otomatis mesin akan menolak kartu kita. Jika ini terjadi jangan dipaksakan memasukan kartu ATM kita , solusi terbaik adalah dengan pindah tempat ke mesin ATM yang dapat kita gunakan .


2. Listrik tiba - tiba mati ketika kalian sedang menggunakan mesin ATM.


Mesin ATM menggunakan sumber daya listrik, dan mesin ATM tidak dapat menyimpan energi tersebut. Apabila  pasokan listrik mati maka otomatis mesin ATM Akan Berhenti bekerja hal ini telah ditanggulangi oleh beberapa perusahaan atau mungkin semua perusahaan bank dengan menyediakan cadangan sumber daya seperti genset dan diesel supaya mesin ATM dapat terpasang listrik secara terus-menerus walaupun listrik dari PLN sedang mati, walaupun begitu biasanya ketika listrik mati kartu ATM kita pun tidak bisa keluar karena ATM tidak termasuk sumber daya listrik secara penuh Hal ini menyebabkan kartu kita tidak bisa keluar dari mesin ATM


 3. Lupa password atau pin ATM


PIN ATM adalah hal yang sangat penting karena untuk mengakses transaksi dengan kartu ATM Bank kita tersebut kita memerlukan password atau pin ATM kita tersebut, maka dari itu jangan sampai lupa password atau pin ATM kita tersebut. Karena biasanya kalau kita sampai salah menginput PIN ATM sampai tiga kali berturut-turut ada beberapa hal yang akan terjadi salah satunya adalah ATM kita akan terblokir dan bisa jadi apa yang kita akan tidak bisa keluar dari mesin . maka dari itu untuk mencegah hal-hal tersebut yang harus kita lakukan ketika kita lupa pin ATM kita yaitu dengan lapor ke pihak bank atau lapor ke pihak security yang sedang bertugas saat itu untuk minta pergantian PIN selanjutnya.


4. Kesalahan ketika kita tidak buru - buru mengambil kartu ATM atau lupa mengambilnya


Hal ini pernah terjadi pada pengalaman saya sendiri yaitu ketika saya sedang melakukan transaksi pengambilan uang saya melakukan kesalahan melupakan kartu ATM. Keadaan yang sangat buru-buru membuat saya meninggalkan kartu ATM tersebut di dalam mesin. Hal ini menyebabkan kartu ATM kita akan kembali masuk ke dalam mesin . karena secara umum mesin ATM telah diprogram untuk menelan kembali kartu ATM ketika kartu ATM telah lama digigit oleh mesin ATM . secara otomatis jika tidak diambil kartu ATM akan kembali masuk ke dalam mesin ATM . dari hal ini saya sarankan agar selalu fokus dalam melakukan transaksi dengan mesin ATM,  karena yang kita hadapi bukanlah orang melainkan mesin yang telah diprogram dengan teknis-teknis tertentu . ketika kita sedang melakukan transaksi yang harus diperhatikan adalah kita harus menutupi tangan ketika sedang memasukkan PIN atau password selanjutnya jangan lupa untuk mengambil kartu ATM ketika transaksi telah kita lakukan.


Yang harus kita lakukan ketika kartu ATM tidak mau keluar dari mesin ATM. 


1. Hubungi CS Bank ataupun datang ke cabang Bank tersebut


Ketika kartu Anda sudah tertelan ataupun tidak bisa keluar dari mesin ATM maka hal yang pertama harus kita lakukan adalah tenang dan jangan khawatir kartu kita akan aman-aman saja jika kita melakukannya sesuai dengan prosedur. Prosedurnya adalah dengan cara menghubungi customer care dari pihak bank tersebut, namun Kalian harus tetap hati-hati karena belakangan ini saya melihat dari koran bahwa jenis penipuan yang sedang terjadi adalah seseorang yang sedang menyamar menjadi customer care. Bukan rahasia umum lagi kita sedang berada di zaman yang kurang kondusif. Banyak orang jahat berkeliaran dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang. Maka sebelum anda percaya kepada orang pastikan terlebih dahulu bahwa jika kalian sedang menelpon CS Pastikan nomor tersebut benar-benar adalah customer service dari pihak bank tersebut, atau lebih amannya kalian lakukan Cara yang kedua datang langsung ke cabang cabang bank tersebut yang berada di dekat mesin ATM. Setelah itu Anda akan ditawari untuk melakukan pemblokiran dari kartu ATM tersebut. Untuk pemblokiran itu sendiri biasanya sobat akan di tanyain beberapa pertanyaan umum untuk tujuan sebagai verifikasi bahwa itu memang ATM Anda pertanyaan umum tersebut
 antara lain adalah nama, alamat, nomor rekening, dan nama ibu kandung. Selain itu biasanya persyaratan lain untuk melakukan pemblokiran atau kehilangan ATM tersebut adalah dengan menunjukkan surat kehilangan dari kepolisian, di sana kita akan dimintai buku tabungan dari ATM tersebut dan juga KTP. Dan untuk ini kita akan dikenakan biaya administrasi untuk proses memblokir and tersebut. Dalam kasus ini biasanya pihak bank akan mengganti kartu ATM yang tertelan tersebut dengan kartu ATM yang baru hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pengembalian kartu ATM kepada nasabahnya tersebut. Dan waktu yang paling lama bisa beberapa hari dan minimalnya bisa 1 hari tergantung tingkat kendala yang sedang di hadapi oleh pihak bank tersebut. Setelah itu ketika kalian menerima kartu ATM baru Maka masalah anda telah selesai dan anda bisa bernafas lega.


Nah sobat, itulah tadi hal-hal yang harus saya lakukan ketika kartu ATM anda tidak bisa keluar dari mesin ATM. Untuk berjaga-jaga kalian sebagai nasabah bank yang memiliki kartu ATM supaya untuk tetap berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan mesin ATM, di beberapa mesin ATM yang dekat dengan kantor cabang atau kantor bank. Biasanya kan terjaga oleh pihak security . namun, berapa mesin ATM juga tidak dijaga oleh pihak security. Berhati-hati yang dimaksud adalah dengan mengikuti standar transaksi dengan ATM sesuai dengan pedoman yang berlaku. Tetap waspada karena kejahatan di jaman sekarang tidak lagi memandang bulu. Sekian tutorial dari saya admin tutoriurl online, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua khususnya bagi saya sendiri Amin. Share tulisan ini agar kita semua terhindar dari hal hal tersebut.

Source : https://www.finansialku.com/kartu-atm-tertelan/amp/

0 Response to "Yang harus dilakukan ketika kartu ATM tidak bisa keluar dari mesin ATM , Ataupun tertelan ."

Posting Komentar

TULIS EMAIL KALIAN DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel