-->
selamat datang di blog tutoriurl online, dapatkan tutorial tentang teknologi, informasi tentang kesehatan dan artikel yang sangat bermanfaat

PENYEBAB KESEMUTAN DAN CARA MENGATASINYA

Sering Kesemutan? Ini Penyebabnya



Kesemutan atau dalam istilah medisnya disebut parestesia adalah sebuah kejadian terjadinya mati rasa anggota atau bagian tubuh dikarenakan aliran darah tidak lancar. Seperti contoh berikut, kesemutan biasanya terjadi ketika seseorang sedang duduk bersila dalam keadaan yang agak lama sehingga menyebabkan kaki seseorang tersebut menjadi mati rasa dan merasa kesemutan. Yang perlu kalian ketahui adalah kesemutan dapat terjadi karena ada berbagai alasan . Dan dampaknya menjadi dua yaitu kesemutan sementara dan kesemutan berkepanjangan sebelum kita mengetahui lebih lanjut tentang kesemutan baiknya kita kenali terlebih dahulu penyebab dari kesemutan itu sendiri.


Penyebab kesemutan sementara.


Kesemutan sementara adalah kesemutan yang terjadi karena sifatnya yang sementara . Sifat kesemutan sementara dalam artian ketika sebuah bagian dari tubuh yang tertekan contoh penyebab kesemutan adalah ketika kita tidur menindih lengan kita, contoh lain penyebab kesemutan adalah ketika kita sedang duduk bersila dan menghambat aliran darah kita.. tapi jangan khawatir, kesemutan ini akan reda dan sembuh dengan sendirinya ketika tekanan yang menindih bagian lengan kita tersebut terlepas. Perlahan kesemutan yang terjadi tersebut akan hilang sedikit demi sedikit dengan sendirinya .
Bernafas terlalu cepat juga menjadi penyebab lain terjadinya kesemutan ini.
Hal lain yang harus kalian pahami adalah Penyakit kesemutan sementara yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke area tertentu. Penyakit ini khususnya menyerang saat penderita sedang stres, gelisah, atau berada di ruangan bersuhu dingin.

Penyebab Kesemutan Berkepanjangan


Kesemutan inilah yang harus kalian waspadai. Timbulnya kesemutan ini disebabkan oleh beberapa penyakit misalnya akibat kalian menderita penyakit diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, tumor otak, kanker, ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosis atau sklerosis ganda, atau CTS (carpal tunnel syndrome) atau sindrom lorong karpal, kompresi saraf ulnar.
Obat - obatan yang sedang kalian konsumsi juga dapat menyebabkan kesemutan. Misal obat penyakit kangker dll. Bahan kimia industrial juga dapat menyebabkan anda kesemutan . Pola makan anda yang buruk sehingga kekurangan vitamin B12, dan kebanyakan mengkonsumsi alkohol dan sejumlah makanan dan minuman yang juga mengandung alkohol juga dapat menyebabkan anda kesemutan. 

Langkah yang harus dilakukan apabila sering kesemutan?


Anda harus periksa dan konsultasi ke dokter dahulu. Nanti anda akan di arahkan ke berbagai macam tes seperti tes darah, tes elektromiogram, pemeriksaan cairan serebrospinal, tes konduksi saraf, tes MRI, dan biopsi saraf. 

Secara umum kesemutan dapat kalian iringi dengan berbagai macam cara. Hal ini di fungsikan untuk mengurangi beberapa macam kesemutan. Cara tersebut antara lain : 


  • Sering berolah raga Menghindari
  • mengkonsumsi makanan atau juga terpapar dari hal yang berbahan racun industri
  • Berhenti minum alkohol 
  • Berhenti merokok
  • Jaga dan atur Pola makan yang senantiasa sehat 
  • menjaga berat badan tubuh kalian menjadi ideal.
Jika kalian terkena penyakit seperti diabetes, kalian dapat Mengobati dan mengontrol penyakit kronis jika ada contohnya seperti mengatur gula darah anda, 

Namun biasanya kesemutan sifatnya hanya sementara, meski dari itu kalian harus memeriksakannya ke dokter terdekat. Karena apa? Karena dikhawatirkan akan terjadi gejala selanjutnya yaitu kejang otot, nyeri di sekitar tubuh dan lain sebagainya

Namun jangan khawatir ada beberapa cara alami untuk kalian menghindari kesemutan secara alami dan dapat kalian praktekkan dirumah.

Cara mengobati kesemutan secara alami antara lain adalah 

1. Banyaklah Bergerak


Usahakan selalu bergerak selama satu sekali. Maksudnya jika kalian berada pada posisi kerja duduk di kursi usahakan melakukan peregangan secara teratur.


2. Posisikan tubuh Anda dengan benar

Posisi tubuh juga menjadi penyebab kesemutan posisi yang benar di maksudkan untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh Anda.

.

3. Beristirahat


Ada pula penyebab kesemutan yang diakibatkan karena padatnya aktifitas sehari - hari. Solusinya adalah berbagai istirahat' . Istirahat sangatlah penting apalagi menyempatkan tidur siang ini akan membuat badan anda menjadi segar dan terhindar dari kesemutan

4. Kompres dengan air hangat


Ketika kesemutan silahkan mengompres bagian tubuh yang kesemutan dengan air panas supaya cepat reda. 


5. konsumsi kunyit


kunyit mengandung curcumin, fungsinya adalah untuk memperlancar aliran darah sobat.. konsumsi kunyit secara teratur akan mengurangi kesemutan.

6. Konsumsi salad bayam dan yogurt


Hal ini akan meredakan kesemutan yang sering kalian rasakan . Karena yang kita ketahui adalah Bayam dan yoghrt diketahui memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu dalam meperbaiki sirkulasi darah dan fungsi sistem saraf. Sehingga sangat baik sekali untuk membantu mengatasi kesemutan kalian semua.


 7 . Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B


Kandungan vitamin B biasanya terdapat pada buah alpukat, kacang-kacangan dan pisang diketahui berdampak baik terhadap meningkatnya fungsi saraf pada tubuh kalian.

Nah semoga kesemutan sobat cepet hilang ya. Dan semoga bermanfaat

0 Response to "PENYEBAB KESEMUTAN DAN CARA MENGATASINYA"

Posting Komentar

TULIS EMAIL KALIAN DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel