-->
selamat datang di blog tutoriurl online, dapatkan tutorial tentang teknologi, informasi tentang kesehatan dan artikel yang sangat bermanfaat

Cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula

Kamera DSLR Adalah idaman semua orang yang mempunyai hobi tentang photography. Dengan DSLR kita akan memperoleh ketajaman lebih dari gambar yg kita peroleh dari memotret. Ukurannya yang besar daripada kamera saku dan fiturnya yang banyak membuat para pemula agak sedikit bingung jika pertama kali menggunakan kamera ini. Dan kebingungan itulah yang akan saya kupas solusinya pada artikel saya yang satu ini.
Mungkin kalian kebingungan karena kamera kalian baru, dan kalian coba mencari solusi tentang bagaimana cara menggunakan kamera DSLR. Tips dan trik nya adalah sebagai berikut.





Banyak tipe kamera DSLR yang beredar di pasaran. Namun jangan kuatir . Tata cara setting dan pengaturan tombol secara umum memang sama. Jadi kita ambil beberapa cara menggunakan kamera DSLR secara umum saja ya.

Cara menggunakan kamera DSLR untuk pemula


A .  Untuk menggunakan kamera DSLR, coba kenali tombol pada kamera tersebut


Mempelajari cara menggunakan kamera DSLR tidaklah sulit.  Kalian cukup membaca artikel ini satu kali saja insyaAllah kalian akan mengerti tata cara penggunaan kamera DSLR ini. Memang fitur tombol yang ada sangat banyak. Berbeda dengan kamera saku yang selama ini kalian gunakan. Berikut gambar kamera DSLR :



Dari gambar diatas kita dapat melihat ada beberapa bagian yang sudah saya kasih nomor. Ini saya lakukan agar kalian mudah mengetahui cara penggunaan kamera DSLR . Namun agaknya nomor yang saya berikan mungkin tidak terlalu tepat di tombol. Nanti kalian bisa melihatnya sendiri letak tombol di kamera kalian. Komponen tersebut adalah sebagai berikut:




1.  Lensa .

Kalian pasti tau lah fungsi lensa. Kalau saya jelaskan disini mungkin akan terlalu panjang. Saya akan jelaskan tentang lensa di artikel selanjutnya.

2. Tombol Stabilizer (IS, VR, VC) 

Fungsinya sebagai stabilizer karena getaran tangan . Hal ini akan menghasilkan efek  motion blur. Prinsip kerjanya menggunakan kompensasi secara mekanik agar gambar menjadi stabil, tapi sayangnya tidak semua tipe kamera DSLR memiliki fitur ini . Tempat nya biasanya seperti yang saya beri nomor seperti di atas.

3. Tombol untuk membuka Lensa

Fungsi tombol tersebut adalah untuk melepas lensa kamera DSLR kalian . Caranya dengan menekan tombol tersebut dan memutar lensa ke kiri.

4. Tombol pengatur Fokus 

Tombol pengatur fokus terdiri dari dua komponen yaitu Auto Focus (AF) dan Manual Focus (MF).
Untuk Auto focus dan manual focus kalian mungkin sudah tahu fungsinya ya sobat.

5. Tombol Pembuka Flash 

Fungsinya adalah untuk membuka flash dan dapat difungsikan ketika kamera dalam keadaan menyala dan standby

6. Built-in Flash Light

Fungsinya adalah untuk pencahayaan . Fitur ini akan menambah cahaya obyek yang kekurangan cahaya

7. Tombol Shutter 

Adalah tombol untuk mengambil gambar.

8. Grip

Adalah pegangan kamera. Grup di desain dengan tekstur yang sesikit kasar. Fungsinya adalah untuk tangan kita tidak licin ketika sedang memotret. Tata cara dalam memegang grip inilah yang biasanya menimbulkan handshake atau goyang . Maka kita harus berlatih lagi supaya lebih profesional

9. Anti Red Eye 

Fungsinya untuk menghilangkan obyek mata yang kelihatan merah akibat lampu flash .



10. Tombol Preview

Untuk melihat hasil tangkapan gambar di lcd.

11. Tombol Delete

Untuk menghapus data terpilih di kamera

12. Tombol Navigasi

Untuk navigasi kanan kiri dan atas bawah pada menu . Pada jenis kamera tertentu biasanya tombol navigasi memiliki fungsi ganda.

13. Tombol Fn/Q 

Mengalahkan shorcut dari tombol navigasi ke tombol balance

14. Tombol AV

Mengatur buakaan diagframa

15. Tombol Zoom 

Untuk membesarkan dan mengecilkan gambar

16. Mode-Dial

Untuk mengubah mode pemotretan. dan bagusnya, disini telah disediakan beberapa mode - mode auto instan yang telah disiapkan khusus seperti untuk memotret olahraga, kembang api, malam hari, closeup, dan juga mode manual .

17. Tombol Lifeview 

Fungsinya untuk mengalihkan layar bidik.

18. Viewfinder

Adalah jendela bidik saat memotret objek. Pada bagian viewfinder terdapat karet seperti bantalan yang disebut eye pieces, fungsinya untuk menahan cahaya yang masuk ke viewfinder agar objek terlihat sangat nyata.

19. Tombol Menu dan info

Tombol menu - untuk mengarahkan ke menu utama
Tombol info - mengetahui info file kita.

20. Layar LCD 


21. Tombol ISO 

merupakan tombol shortcut (jalan pintas) untuk mengatur ISO.

22. Main-Dial

Sebagai tombol navigasi tertentu

23. Tombol Display 

Untuk membuat kamera dalam keadaan standby dan istirahat'. Namun kamera tetap salam kondisi menyala.

24. Tombol ON/OFF


B . Gunakan Mode Aperture dan Shutter otomatis


Sebagai pemula Kita disarankan untuk membuat Aperture dan Shutter otomatis karena lebih gampang. Kita juga bisa memakai manual mode untuk menghadirkan setting aperture dan shutter yang lebih beragam.

C . Kenali White Balance dan tata cara mensetting nya.


Fungsi white Balance sangatlah penting. Biasanya sebagai pemula kita belum bisa mengatur white Balance dengan sesuai. Maka pelajarilah.

D . Mengenal Histrogram untuk gambar yang profesional


Kenali histogram salam kamera. Semakin anda menguasai histogram maka tangkapan gambar kalian akan terlihat lebih profesional.

E . Pahami Automatic Exposure Bracketing


Fungsinya untuk menghasilkan foto detail mesti obyek dalam kondisi terang.

F. Pegang Kamera dengan Benar


Seperti yang kita bahas tadi bahwa pegangan kamera sangatlah penting, agar tidak menghasilkan handshake, hendaknya kalian berlatih setiap hari tentang tata cara memegang handshake yang benar.


G. Melepas Shutter


Shutter adalah tips dasar bagi pemula. Maka pelajari Shutter dan kapan kita harus melepaskan shutter

H . Ketahui Cara Mengunci Focus


Kenali tata cara mengunci fokus pada pemula karena Bila kita salah mengunci fokus, maka hasil foto kita akan blur.

I . Cara Membuat Gambar Subjek yang Jelas


Setting pencahayaan appeture dan komponen lainnya agar dapat gambar yang lebih jelas

J . Pelajari cara Menggunakan Flash Kamera


Pelajari tata cara penggunaan flash yang benar, karena ini sangat penting kondisikan flash tergantung cahaya objek yang sedang di ambil gambarnya.


K . Mencegah Image Sensor Kotor


Ketika kalian akan memotret biasanya nanti ada notif ketika lensa anda kotor . Nah untuk pencegahannya jangan melepas lensa anda sembarangan ya sobat


L . Pelajari Cara Membersihkan Kamera DSLR 


hal yang paling sering terjadi adalah ketika kita memotret di tempat yang berdebu kamera kita akan kotor. Usahakan lindungi perangkat anda ketika sedang di tempat yang berdebu. Dan kenali tata cara membersihkan. Kamera agar lensa tidak tergores. Kamera ini sangat rentan terhadap guncangan, debu, air dan musuh peralatan elektronik lainnya.


M. Penuhi obyek di Layar foto mu


Ketika kita memenuhi atau setidaknya ada sebagian objek yang terfokus pada gambar akan membuat gambar kita tampak menarik


N. cara Memotret Secara Random


Ketahui teknik ini dahulu, agar kalian lebih profesional lagi.

Nah sobat itulah sebagian cara menggunakan kamera DSLR untuk pemula. Mungkin kalau kalian berkenan dan menambahkan hal apa saja yang dilakukan untuk menggunakan kamera DSLR bagi pemula mohon tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula"

Posting Komentar

TULIS EMAIL KALIAN DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel